Rapat koordinasi Pembuatan Database Dinas Permasdes Kabupaten Tegal



Diupload pada : 09-Sep-2022
Penulis : SAdminkominfo


LAPORAN HASIL IRAPAT KOORDINASI

PEMBUATAN APLIKASI DATABASE

DISPERMASDES KABUPATEN TEGAL

 

               Perubahan zaman yang berkembang saat ini, hampir setiap orang membutuhkan dan mengoperasikan komputer, laptop, handphone, atau perangkat keras lainnya. Era digitalisasi menyebabkan berbagai sektor mengharuskan mengikuti  perkembangan kemajuan zaman, baik sektor pendidikan, sektor perdagangan, pertanian dan segala urusan pekerjaan lainnya.

               Kantor Dispermasdes Kabupaten Tegal memiliki suatu gagasan yang bertujuan untuk mengumpulkan data atau informasi berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan di Dispermasdes Kabupaten Tegal..Oleh karena hal tersebut dibutuhkan adanya suatu sistem yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau yang biasa dikenal dengan database.

               Kepentingan tersebut akan dimanifestasikan melalui inovasi yang diprakarsai oleh bapak Sudigdo, S.IP, MM selaku Kabid Pengembangan dan Kerjasama Desa untuk membuat aplikasi yang disebut dengan istilah Bunker Desa. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai wadah untuk menampung data / informasi berkaitan dengan semua kegiatan di kantor Dispermasdes Kabupaten Tegal.

               Sebagai wujud kesungguhan akan kebutuhan aplikasi tersebut kantor Dispermasdes Kabupaten Tegal menyelenggarakan rapat koordinasi agar bisa bersinergi serta meminta dukungan dan bantuan instansi terkait, salah satunya adalah OPD Diskominfo Kabupaten Tegal yang sudah tebiasa melakukan pembuatan aplikasi.

               Pertemuan atau rapat yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 8 Septemer 2022 di aula Dispermasdes dilaksanakan pada jam 09.00 Wib dengan dipimpin  langsung oleh Kepala Dispermasdes Kabupaten Tegal Bapak Dessy Arifianto, S.Sos, MT,Tenaga Ahli P3MD Kab. Tegal,  Kabid PKD  dan beberapa pejabat fungsional. Sedangkan dari Diskominfo dihadiri 2 orang yang membidangi IT.


               Pengelompokan data atau informasi sangat diperlukan agar lebih mudah dibaca, dimengerti serta dipahami oleh pengguna data.Data yang acak-acakan  bisa menyebabkan terjadinya kerancuan informasi yang mana hal tersebut menunjukan adanya inkonsistensi data dan proses penyimpanan tidak teratur

               Data / informasi harus mudah di akses, selalu up to date / pembaharuan, dan bisa dilakukan penghapusan data yang tidak diperluka. Sehingga kualitas data atau informasi bisa terjaga sesuai data dan informasi yang diakses dan diinput

Penulis : Sefri