Laporan Identifikasi Dokumen Dan Perkembangan BUMDES Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal



Diupload pada : 09-Sep-2022
Penulis : SAdminkominfo

LAPORAN HASIL IDENTIFIKASI DOKUMEN DAN PERKEMBANGAN

BADAN USAHA MILIK DESA ( BUMDES )

KECAMATAN SLAWI KABUPATEN TEGAL

Hari                      : Selasa

Tanggal               : 30 Agustus 2022

Tempat               : Kecamatan Slawi

               Pelaksanaan monitoring dan evaluasi tentang identifikasi perkembangan Bumdes dilakukan oleh OPD Dispermasdes Kabupaten Tegal dipimpin oleh bapak SUDIGDO, S.IP, MM selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa dengan didampingi beberapa pejabat fungsional dan Tenaga Ahli Kabupaten Tegal Bapak Zamroni, SE. Sedangkan lokasi tujuannya adalah sebagai berikut :

1.       Bumdes  Arya Luhur Desa Dukuhsalam

2.       Bumdes Wringin Sejahtera Desa Dukuhwringin

3.       Bumdes Berkah Mandiri Desa Kalisapu

4.       Bumdes Jaya Makmur Desa Trayeman

5.       Bumdes Amanah Desa Slawi Kulon

dari 5 Bumdes yang dikunjungi, pertemuan ditempatkan di Balai desa kecuali Desa Dukuhwringin yang tempat pertemuannya ditempatkan di kantor sekretariat Bumdes

               Hasil pengidentifikasian dokumen di 5 desa tersebut hanya desa Kalisapu saja yang belum ada aktifitas usaha yang dijalankan. Hal tersebut sangat disayangkan karena dari potensi desa yang letaknya sangat strategis untuk perkembangan perekonomian masyarakat desa, apalagi masyarakat desanya saat ini mengalami dinamisasi yang begitu pesat, sehingga keberadaan Bumdes memungkinkan bisa berjalan dan berkembang dengan baik.


               Disamping itu desa Dukuhsalam juga ada beberapa kendala untuk keberlangsungan perkembangan Bumdesnya, dikarenakan ada kekeliruan prosedur kerjasama. Dari antusiasme pihak pemerintah desa dan pengurus Bumdes sebenarnya sudah sangat bagus, dibuktikan dengan adanya pembangunan ruko-ruko yang sudah jadi dan rencana pembangunan arena olahraga futsal serta pembangunan kolam renang yang tempatnya berada dalam satu lokasi yaitu di tanah kas desa seluas lebih kurang 1 (satu) hektar.

               Maksud dan tujuan dari pada pengidentifikasian dokumen Bumdes adalah untuk mengetahui sejauhmana perkembangan Bumdes yang ada di kecamatan Slawi, sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk pembinaan kedepannya.

dokumen yang perlu dilengkapi dan dikumpulkan adalah sebagai berikut :

a.       Analis Dan Kajian Pendirian Bumdes

b.      Musdes Pembentukan Bumdes

c.       Perdes Pembentukan Bumdes

d.      Sk Kades Tentang Kepengurusan Bumdes

e.       AD/ART Bumdes

f.        Program Kerja (Proker) Dan Standar Operasional Prosedur (SOP)

g.       APBDesa Penyertaan Modal Bagi Bumdes

h.      Buku Kas Umum ( Tri wulan ke 2 Tahun 2022 )

i.        Data Pendaftaran Badan Hukum ke Kementerian Hukum dan HAM

j.        Administrasi dan Pertanggungjawaban Tahunan ( RAT ) Tahun 2021

               Adapun dari 4 desa yang dikunjungi secara administrasi sudah cukup lengkap dan baik, hanya beberapa dokumen saja yang masih perlu dipenuhi untuk kelengkapannya.

               Untuk Kepengurusan Bumdes secara keseluruhan sudah mempunyai aktifitas yang bergerak pada jenis – jenis usaha ekonomi produktif seperti sektor pertanian, sektor perdagangan, simpan pinjam, jasa dan sektor-sektor usaha lainnya.

               Harapan kedepan adalah antara pihak pemerintah desa, pengurus Bumdes dan pihak-pihak terkait lainnya dapat bersinergi dan bisa memberikan perhatiannya yang lebih baik, agar perkembangan Bumdes yang ada di Kecamatan Slawi khusunya dan di Kabupaten Tegal pada umumnya bisa memberikan kontribusi dalam kesejahteraan masyarakat desa.

Penulis : Sefri